Formulir Kontak

 

Deutsch Lernen 1

Berhubung selama 10 hari ini aye dapat jatah liburan dari pihak sekolah tercinta, jadi sudah diputuskan kalau selama liburan ini aye bakal nge-share ke elo pada tentang Deutsch yang udah aye pelajari selama 1,5 ini.. Oke langsung aja yee..
Pertama aye diajarin sapaan di Jerman sapaan dikenal dengan sebutan “Begrussung”, apa aja itu, bisa jadi kita ucapin kata “Hallo”, “Hai”, “Hei” *yaaya bisa jadi*, tapi ini dia yang versi deutsch*baca:doitsh* supaya kerenan dikit...
·         Guten Morgen, biasanya digunakan oleh kebanyakan orang Jerman waktu nyapa sesama maupun orang yang lebih tua, guten morgen sendiri artinya selamat pagi, pengucapan kata ini perlu perhatikan loh waktunya, biasanya kata ini diucapin buat waktu pagi yang batasnya sampai jam 11am.
·         Guten Tag, biasanya diucapin buat sapaan di waktu siang, guten tag sendiri artinya selamat siang, dimulai dari jam 12am sampai jam 5pm, menurut aye pribadi ni kata kayaknya paling sering digunakan sama orang kantoran di Jerman pas makan siang kali ya*sok tahu*
·         Guten Abend, konon kata Frau Ari*Guru Deutsch aye* guten abend ini bisa punya dua arti, tergantung waktu penyebutannya aja, kalau misalnya diucapin waktu jam 5-6pm gitu berarti dia ngucapin selamat sore, tapi kalau si doi bilang pas jam 7-12pm gitu, nah berarti si doi ngucapin selamat malam buat elo pada.
·         Guten Nacht, nah kalo yang ini artinya selamat malam, dengan catatan kalau kata ini biasanya disebutin ketika ingin mengucapkan selamat tidur gitu. Beda dengan Guten Abend.
Lanjut, biasanya orang disono suka pakai kata tanyain kabar gitu deh, sama kayak kita buat basa-basi gitu kalau awal-awal ketemu, tahu aja manusia selalu berbasa basi padahal udah basi, oke ini dia..
·         Wie geht es dir?
·         Wie geht es Ihnen?
·         Wie geht es euch*baca:oih*?
Ketiganya punya arti yang serupa tapi gak sama*halah*
Hayo tahu gak perbedaan penggunaan ketiga kalimat itu?
Perbedaannya ada di objek yang ditanya*mulai bingung*, kalimat pertama makai kata dir berarti yang ditanya kabarnya itu “kamu” biasanya dipakai buat nanyain kabar keorang yang semuran dengan kita. Kalau kalimat yang kedua ini makai kata Ihnen berarti yang ditanya kabarnya itu “Anda” biasanya dipakai buat nanyain kabar ke orang yang lebih tua dari kita, mungkin itu kakak, guru dll. Dan kalimat yang terakhir itu makai kata euch berarti yang ditanya kabarnya itu “Kalian”, kata ini biasanya digunakan sama guru-guru kalau nanya kabar murid-muridnya deh*sok tahu lagi*

Oke sekian dulu pelajaran tentang memberikan sapaan pake bahasa Jermannya, di artikel berikutnya kita bakal belajar ttg memperkenalkan diri for the first time yaa.. Wait for the next lesson!

Total comment

Author

Unknown

0   komentar

Cancel Reply